Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

PIMPINAN

Ketua Program Studi         : Rizal Arisman, S.Pd., M.Pd.
Sekretaris Program Studi : Saifullah, S.Pd., M.TESOL.
Ketua UPM                           : Asti Wahyuni B, S.Pd., M.Pd.
Kepala Laboratorium        : Nur Melansari, S.S., M.Hum

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN STRATEGIS (VMTS)

Visi

Menjadi program studi yang unggul di kawasan Timur Indonesia yang menghasilkan lulusan calon pendidik Bahasa Inggris yang profesional, menguasai teknologi, dan berjiwa wirausaha dengan menjunjung tinggi nilai-nilai moral berakhlak dan berbudaya dalam menjawab tantangan era globalisasi pada tahun 2035.

Misi

    1. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di program studi Pendidikan Bahasa Inggris untuk menyiapkan lulusan calon tenaga pendidik Bahasa Inggris yang professional, terampil, berkepribadian, dan berdaya saing.
    2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam bidang Bahasa Inggris yang mencakup kependidikan, kebahasaan, dan kesastraan yang terpublikadi dan dapat digunakan oleh Masyarakat.
    3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dalam bidang Bahasa Inggris yang mencakup kependidikan, kebahasaan, kesastraan dan bidang terkait lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
    4. Menyelenggarakan pengelolaan program studi yang efektif dan professional demi tercapainya akreditasi Baik Sekali atau Unggul.
    5. Memberikan pelayanan akademik yang efektif dan efisien berbasis teknologi informasi.

Untuk mewujudkan Visi dan Misi di atas, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, melaksanakan 43 Program kerja dengan 184 Indikator Kinerja Utama/Tambahan sebagaimana yang termuat dalam dokumen Renstra FKIP 2021-2025, sebagai upaya mencapai 24 Sasaran Strategis dan 9 Tujuan Strategis Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Lihat dokumen Dokumen Renstra FKIP 2021-2025 (Dokumen Perubahan))

Dokumen VMTS Unidayan 2015
Dokumen VMTS FKIP 2021
Dokumen VMTS Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 2021
Laporan Tingkat Pemahaman VMTS

KURIKULUM
Kurikulum 2016 (KKNI)
Dokumen kurikulum 2016, dikembangkan berdasarkan pada Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi  serta Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
Dokumen Kurikulum KKNI Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Laporan Evaluasi Impelementasi Kurikulum 2016

Kurikulum 2021 (Terintegrasi dengan MBKM)
Dokumen kurikulum 2021, dikembangkan berdasarkan pada Permendikbudikti Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi serta Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan 2021
Dokumen Kurikulum
Laporan Sosialisasi Kurikulum 2021
Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
RPS setiap mata kuliah pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dikembangkan oleh setiap dosen/kelompok dosen, dengan mengacu pada Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi 2020 (dapat dilihat dalam Aplikasi PPT 2020 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris)
Buka Aplikasi Program Pembelajaran Terpadu (PPT 2020)

RIP, RENSTRA, DAN RENOP
Dokumen Rencana Induk Pengembangan (RIP) Unidayan 2015-2035
Dokumen Renstra 2016-2020 (dan Dokumen Perubahan)
Laporan Capaian Renstra Pendidikan Bahasa Inggris 2016-2020
Dokumen Renstra 2021-2025 (dan Dokumen Perubahan)

DATA DAN LAPORAN SURVEY TINGKAT KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN (2019-2021)
Untuk mengetahui efektifitas implementasi program kerja sebagaimana yang tertuang dalam Dokumen Renstra FKIP 2016-2020, dilakukan pengukuran terhadap tingkat kepuasan para pemangku kepentingan terhadap implementasi 9 kriteria penyelenggraan program studi dan UPPS (Instrumen yang digunakan dapat dilihat disini)

Kriteria 1: VMTS
Kriteria 2: Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama
Kriteria 3: Mahasiswa
Kriteria 4: Sumber Daya Manusia
Kriteria 5: Keuangan, Sarana dan Prasarana dan Keuangan
Kriteria 6: Pendidikan
Kriteria 7: Penelitian
Kriteria 8: Pengabdian Kepada Masyarakat
Kriteria 9: Luaran dan Capaian Tridharma

HASIL ANALISIS SWOT

Kriteria 1: VMTS
Kriteria 2: Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama
Kriteria 3: Mahasiswa
Kriteria 4: Sumber Daya Manusia
Kriteria 5: Keuangan, Sarana dan Prasarana dan Keuangan
Kriteria 6: Pendidikan
Kriteria 7: Penelitian
Kriteria 8: Pengabdian Kepada Masyarakat
Kriteria 9: Luaran dan Capaian Tridharma